PEMBANGKIT PETA LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA DEPTH FIRST SEARCH (STUDI KASUS GAME LABIRIN BERBASIS ANDROID)

Abyan, Muhammad Aprizal - 165410165 (2020) PEMBANGKIT PETA LABIRIN MENGGUNAKAN ALGORITMA DEPTH FIRST SEARCH (STUDI KASUS GAME LABIRIN BERBASIS ANDROID). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1_165410165_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_165410165_BAB_I.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_165410165_BAB_II.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[img] Text
4_165410165_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
5_165410165_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
6_165410165_BAB_V.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7_165410165_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8_165410165_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img] Text
9_165410165_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)

Abstract

Saat ini sudah banyak sekali jenis game puzzle yang asik untuk dimainkan, salah satunya adalah game labirin. Labirin merupakan puzzle yang terdiri dari jalur yang rumit serta berliku-liku, dimana penyelesaian game tersebut harus mencari jalan keluar dari labirin. Tetapi masih sering ditemukan permainan labirin yang jalurnya tetap sama karena memang sudah dibuat statis pada permainan tersebut. Hal ini mengurangi rasa ingin tahu pemain untuk menelusuri labirin itu kembali. Untuk menghasilkan labirin yang dinamis, perlu adanya maze generator sebagai pembangkit peta labirin. Sistem ini dikembangkan pada platform android, dengan menggunakan Unity sebagai tools. Dalam pengembangannya sistem ini menggunakan algoritma Depth-First Search sebagai maze generator. Kemudian dilakukan pengujian terhadap 3 level kompeksitas labirin yang dibentuk, yatiu simpel, sedang dan kompkeks untuk menganalisis resource seperti CPU terpakai, GC Alloc dan waktu yang dibutuhkan saat proses generate labirin. Dengan menggunakan algoritma ini sebagai maze generator, dapat menghasilkan peta labirin yang dinamis. Serta hasil yang diperoleh dari pengujian ini yaitu labirin simpel menggunakan CPU rata-rata sebesar 15,56%, GC Alloc ratarata sebesar 167,45KB, dan waktu rata-rata selama 45,02ms. Labirin sedang menggunakan CPU rata-rata sebesar 22,34%, GC Alloc rata-rata sebesar 242,73KB, dan waktu rata-rata selama 74,25ms. Labirin kompleks menggunakan CPU ratarata sebesar 29,80%, GC Alloc sebesar 351,05KB, dan waktu rata-rata selama 116,67ms. Artinya semakin kompleks labirin yang dibentuk, maka semakin besar juga resource yang dibutuhkan. Kata kunci : depth-first search, labirin, maze generator, resource, unity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Depth-first search, labirin, maze generator, resource, unity
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 23 Nov 2020 03:34
Last Modified: 23 Nov 2020 03:34
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/9013

Actions (login required)

View Item View Item