Rahmatullah, Ahmad Shiddiq - 155610103 (2020) ANALISIS USABILITY DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION DI APLIKASI E-LEARNING (STUDY KASUS : RUANGGURU). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1_155610103_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (645kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
2_155610103_BAB_I.pdf - Published Version Download (294kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
3_155610103_BAB_II.pdf - Published Version Download (576kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
4_155610103_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
5_155610103_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
6_155610103_BAB_V.pdf - Published Version Download (291kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_155610103_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
8_155610103_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Apliaksi Ruangguru merupakan aplikasi yang didirikan pada tahun 2014 oleh PT RUANG RAYA INDONESIA yang berfokus pada layanan pendidikan nonformal. Ruangguru mengembangkan berbagai layanan belajar berbasis teknologi, seperti layanan kelas virtual, platform ujian online, video belajar berlangganan, marketplace les privat, dan konten – konten pendidikan lainya yang dapat diakses melalui web dan aplikasi Ruangguru. Untuk melihat tingkat usability pada aplikasi Ruangguru menggunakan 10 indikator yang terdapat di dalam metode Heuristic Evaluation. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengumpulkan data yang disebarkan ke grup Facebook Ruang Guru Squad dengan jumlah 28 pernyataan, dengan respponden 41 laki – laki, dan 59 perempuan dengan 33 responden berusia 10 – 14 tahun, 51 responden berusia 15 – 19 tahun, 8 responden berusia 20 – 24 tahun, dan 8 responden lebih dari 24 tahun. Berdasarkan hasil pengujian usability di aplikasi Ruangguru dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation diperoleh nilai 76,75 % yang dapat dikatakan bahwa aplikasi Ruangguru sudah dapat membantu pengguna pada saat menjalankan aplikasi tersebut. Nilai tersebut diperoleh dari menghitung rata – rata dari nilai yang ada pada setiap indikator yang dimiliki oleh Heuristic Evaluation. Kata Kunci : Heuristic Evaluation, Ruangguru, Usability.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Edy Prayitno., S.Kom., S.E., M.Eng |
Uncontrolled Keywords: | Heuristic Evaluation, Ruangguru, Usability. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis WEB A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System) |
Depositing User: | Users 8684 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 08:34 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 08:34 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8851 |
Actions (login required)
View Item |