Widianto, Muhammad Syafi Praba - 145410058 (2020) INTERAKSI TERHADAP TOKOH PEWAYANGAN ( PANDAWA LIMA ) MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text (HALAMAN DEPAN)
1_145410058_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (571kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
2_145410058_BAB_I.pdf - Published Version Download (280kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
3_145410058_BAB_II.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
4_145410058_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (542kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
5_145410058_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (845kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V)
6_145410018_BAB_V.pdf - Published Version Download (51kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_145410058_DaftarPustaka.pdf - Published Version Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_145410058_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (10kB) | Preview |
|
Text (LISTING PROGRAM)
9_145410058_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (452kB) | Request a copy |
||
|
Text (MARKER)
10_145410058_MARKER.pdf - Published Version Download (305kB) | Preview |
Abstract
Dalam pewayangan, pengertian dari wayang sendiri adalah boneka tiruan terbuat dari pahatan kulit atau kayu dan sebagainya yang dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh dalam pertunjukan drama tradisional. Teknologi secara umum adalah alat, mesin, cara, proses ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam ehidupan sehari – hari, akibatnya dari kecenderungan terhadap teknologi bisa mengakibatkan masyarakat tidak tertarik untuk mengenal ataupun melestarikan budaya didaerahnya salah satunya wayang. Teknologi augmented reality merupakan sarana teknologi yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan sebuah objek dua dimensi ataupun tiga dimensi kedalam lingkungan nyata secara realtime. Dalam proses interaksi terhadap tokoh pewayangan menggunakan teknologi augmented reality maka pengujian menggunakan pengamatan user berupa menghitung banyak sentuhan dan berapa lama bisa menjalankan aplikasi. Hasil Penelitian ini bertujuan bahwa setiap pengguna dapat berinteraksi dengan objek 3D wayang dengan mudah dan dapat menjalankan aplikasi secara baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Y.Yohakim Marwanta, S.Kom., M.Cs. |
Uncontrolled Keywords: | augmented reality, ar wayang, pandawa lima, vufori |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | Users 7953 not found. |
Date Deposited: | 21 Feb 2020 08:23 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:23 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8814 |
Actions (login required)
View Item |