IMPLEMENTASI METODE 3D AUDIO MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Tanjung, Irsan - 185410170 (2020) IMPLEMENTASI METODE 3D AUDIO MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
1_185410170_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2_185410170_BAB_I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
3_185410170_BAB_II.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB III)
4_185410170_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
5_185410170_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
6_185410170_BAB_V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_185410170_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_185410170_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img] Text (LISTING PROGRAM)
9_185410170_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengetahui tipe dari suatu audio bisa menggunakan alat secara langsung contohnya seperti speaker atau headset. Namun hal ini kurang mempermudah pengguna karena harga speaker zaman sekarang makin mahal, dengan adanya aplikasi ini pengguna dapat mengetahui tipe audio speaker dan nilai dari kekuatan suara atau decibel audio secara langsung tanpa harus menggunakan speaker asli. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang membantu menampilkan jarak dan decibel audio beserta obyek 3d speaker dari masing-masing tipe audio yaitu audio mono, stereo, dan surround secara langsung dan lebih interaktif melalui teknologi augmented reality. Dalam penelitian ini menggunakan metode 3d audio dan distance marker. Jarak antar marker dengan kamera AR dimanfaatkan untuk mengetahui nilai decibel dari suatu audio. Marker yang digunakan berjumlah 3 yaitu marker mono, stereo, dan surround. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jarak antar marker dengan kamera ketika posisi berubah dapat digunakan untuk mengetahui nilai decibel dari audio tersebut serta dapat membunyikan audio yang dihasilkan dari marker diubah secara real-time. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jarak antara marker dengan kamera AR akan berpengaruh terhadap nilai jarak yang dihasilkan dan decibel atau kekuatan dari audio yang didapatkan. Saat jaraknya berjauhan nilai jarak akan bertambah dan decibel dari audio berkurang, sebaliknya saat jaraknya berdekatan nilai jarak berkurang dan nilai decibel audio akan bertambah. Kata Kunci : 3d audio, augmented reality, distance marker, decibel audio, mono, stereo, surround.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sumiyatun, S.Kom., M.Cs.
Uncontrolled Keywords: 3d audio, augmented reality, distance marker, decibel audio, mono, stereo, surround.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: Users 7942 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2020 07:38
Last Modified: 18 Feb 2020 07:38
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item