Lenti, Febri Nova (2011) REKAYASA ULANG PROSES BISNIS LAYANAN YUDISIUM MENGGUNAKAN METODE BPR. Proseding KNSi (Konferensi Nasional Sistem Informasi). pp. 948-954.
|
Text
KNSi (REKAYASA ULANG PROSES BISNIS LAYANAN YUDISIUM ).pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Business Process Reengineering adalah metode manajemen perubahan yang berfokus pada proses dengan cara meminimisasi kandungan proses yang tidak bernilai tambah. BPR pada penelitian ini diterapkan untuk merekayasa ulang proses-proses pengurusan layanan Yudisum di STMIK AKAKOM dengan tujuan meningkatkan kinerjanya. Kinerja layanan diukur berdasarkan efisiensi throughput. Saat ini penggunaan Teknologi Informasi (TI) merupakan suatu keharusan , namun penggunaan TI yang tidak tepat akan gagal mendaparkan potensi TI yang sesungguhnya. Satu diantara sekian banyak alasan mengapa TI gagal memberikan potensinya adalah bahwa TI telah diterapkan pada cara-cara lama dalam melakukan sesuatu. Bukannya memusatkan perhatian pada bagaimana seharusnya pekerjaan dilakukan, dan kemudian mempertimbangkan bagaimana peran TI untuk mendukungnya, sebagian organisasi malah hanya berusaha untuk mengotomatisasikan tugas-tugas yang ada untuk mendapatkan penghematan efisiensi, Oleh sebab itu pada penelitian ini akan dibahas bagaimana cara meningkatkan efisiensi throughput pelayanan pengurusan Yudisium dengan mendesain ulang proses proses yang ada dengan menggunakan BPR. Hasil akhir dari BPR berupa rancangan proses-proses yang telah direkayasa ulang beserta teknologi informasi yang dapat mendukungnya dengan hasil efisiensi throughput yang meningkat radikal dari 31,30 % menjadi 86 %. Dengan demikian rancangan proses proses yang sudah efisien dan efektif tadi siap untuk diotomatisasi dengan menggunakan teknologi informasi. Kata Kunci : BPR, proses strategis, proses bernilai tambah, pelayanan Yudisium,efisiensi throughput, teknologi informasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Penulis : Febri Nova Lenti |
Uncontrolled Keywords: | BPR, proses strategis, proses bernilai tambah, pelayanan Yudisium,efisiensi throughput, teknologi informasi. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Teknologi Informasi |
Divisions: | Prosiding (Proceedings) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 03 Des 2019 08:12 |
Last Modified: | 03 Des 2019 08:14 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8725 |
Actions (login required)
View Item |