Prasetyo, Agung Budi and Anggoro, Pius Dian Widi (2013) Game Congklak Digital sebagai Upaya Pelestarian Permainan Rakyat Tradisional. Prosiding Seminar Teknik Elektro dan Pendidikan Teknik Elektro (STE 2013). pp. 483-487. ISSN 354-6344
|
Text
Game Congklak Digital sebagai Upaya Pelestarian Permainan_reduce.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
ongklak (cowrie size/I) merupakan salah satu permainan rakyat tradisonal yang pernah populer di Indonesia (Sumatera, Jawa, dan Sulawesi). Hasil penelitian mcnunjukkan permainan congklak memiliki manfaat untuk melatih kemampuan motorik,kesabaran, ketelitian, sportivitas, daya analisa dan kontak sosial. Saat ini permainan congklak mulai tenggelam dari peredaran, dan salah satu faktor penyebabnya adalah adanya perkembangan teknologi khususnya digital game (permainan digital). Di sisi lain hadirnya teknologi (khususnya bidang artificial intelligence) seharusnya dapat dimanfaatkan untuk merekondisi dan memperkenalkan kembali permainan rakyat tradisional ini ke tengah masyarakat modern. Penelitian ini memberikan sebuah model alternatif sebagai upaya untuk melestarikan permainan rakyat tradisional berupa dibangunnya sebuah permainan digital berupa congklak, yang diperkaya dengan konsep cerdas di mana pemain akan disuguhkan analisa-analisa langkah yang harus ditempuh untuk menghasilkan kemenangan dalam bermain. Dihadirkannya konsep cerdas yang menjadi unggulan pada permainan ini didasarkan karena permainan congkak merupakan sebuah permainan cerdas. Metode yang digunakan dalam rekayasa ini adalah metode backtracking (runut balik) dengan memanfaatkan algoritma Depth Limited Search (DLS yang telah terbukti mampu menyelesaikan permasalahan logika sederhana dengan tingkat keberhasilan 90%. Pemilihan metode ini didasarkan alas kesesuaian sifat dari algoritma DLS dengan sifat dasar permainan congklak itu sendiri yaitu sederhana dalam berpikir namun cermat dalam analisa. Dengan sebuah luaran berupa perangkat lunak permainan congklak digital diharapkan dapat menjadi stimulan bagi upaya pelestarian permainan rakyat tradisional di Indonesia. Kata Kunci : Congklak, Backtrackig, Depth Limited Search.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Congklak, Backtrackig, Depth Limited Search. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Struktur Data (Data Structures) |
Divisions: | Prosiding (Proceedings) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 30 Okt 2019 01:40 |
Last Modified: | 31 Okt 2019 07:22 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8664 |
Actions (login required)
View Item |