Satriawan, Erik - 145410144 (2019) APLIKASI BERHITUNG MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA 7 TAHUN DENGAN METODE GESTURE RECOGNIZE. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text
1_145410144_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2_145410144_BAB_I.pdf - Published Version Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
3_145410144_BAB_II.pdf - Published Version Download (317kB) | Preview |
|
Text
4_145410144_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
||
Text
5_145410144_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
6_145410144_BAB_V.pdf - Published Version Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
7_145410144_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
8_145410144_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (248kB) | Preview |
|
Text
9_14540144_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini menjadikan smartphone relatif mudah untuk digunakan oleh anak-anak. Namun anak-anak relatif menggunakan ponsel pintar untuk bermain game atau menonton video di Youtube. Pada pasar aplikasi android atau Play Store, aplikasi dengan konten pendidikan perlu ditambah lagi supaya belajar dapat dilakukan dengan smartphone dan menjadi salah satu media pembelajaran yang mudah digunakan oleh anak-anak. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan pengembangan aplikasi berhitung matematika dengan menulis menggunakan gesture recognition pada library android untuk anak-anak usia 7 tahun dan seumurannya. Operasi bilangan yang digunakan untuk berhitung adalah operasi dasar matematika yaitu meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan hasil 2 digit angka. Soal untuk berhitung yang digunakan akan disesuaikan dengan kategori operasi bilangan masing-masing dan disimpan menggunakan database SQLite. Aplikasi ini menggunakan fungsi prediction sehingga dapat mengidentifikasi gesture atau tulisan angka dari pengguna yang akan dicocokan dengan gesture yang ada pada aplikasi. Dengan demikian library gesture pada android dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran khusunya berhitung dengan menulis. Kata Kunci : Android, Gesture Recognition, Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dison Librado, S.E., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Android, Gesture Recognition, Matematika |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | Users 6087 not found. |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 01:42 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 01:43 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8272 |
Actions (login required)
View Item |