Putra, Devansa Dipda - 145610136 (2019) ANALISIS USER EXPERIENCE DAN USER INTERFACE MENGGUNAKAN METODE GOMS ANALYSIS DENGAN MEMBANDINGKAN DUA WEBSITE E-COMMERCE. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text
1_145610136_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2_145610136_BAB_1.pdf - Published Version Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
3_145610136_BAB_II.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
Text
4_145610136_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (442kB) | Request a copy |
||
Text
5_145610136_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (324kB) | Request a copy |
||
|
Text
6_145610136_BAB_V.pdf - Published Version Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
7_145610136_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
Abstract
JD.id dan Lazada.co.id merupakan contoh website jual beli yang sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Kedua website ini memiliki tampilan user interface dan proses pembelian yang berbeda. Untuk itu diperlukan perbandingan untuk mengetahui website mana yang memiliki user interface yang lebih baik dan untuk mengetahui website mana yang memiliki waktu proses pembelian yang lebih cepat. Untuk membandingkannya diperlukan metode SUS dan Metode GOMS dengan teknik KLM. Metode SUS digunakan untuk mengukur nilai guna dari kedua website yang melibatkan responden sebagai penilai user interface, sedangkan metode GOMS dengan teknik KLM digunakan untuk mengukur waktu masing-masing website dalam melakukan proses pembelian. Selain itu juga ada kuisioner Pesona Creation and Usage Toolkit yang digunakan untuk mengetahui website mana yang lebih disukai oleh responden. Hasil dari metode SUS adalalah website Lazaada.co.id memiliki usability yang lebih baik daripada JD.id yaitu sebesar 66.0 sedangkan JD.id 63.9. Hasil perhitungan GOMS untuk website Lazada.co.id adalah 83.41 detik dan itu lebih cepat dibandingkan dengan website JD.id yaitu selama 86.65 detik. Proses pembelian yang mudah bukan alasan responden menyukai website jual beli, website yang memiliki banyak barang adalah alasan utama responden menyukainya. Kata kunci : GOMS KLM, SUS, user interface, user experience.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Edy Prayitno, S.Kom., M.Eng. |
Uncontrolled Keywords: | GOMS KLM, SUS, user interface, user experience. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System) |
Depositing User: | Users 6057 not found. |
Date Deposited: | 25 Jan 2019 06:33 |
Last Modified: | 25 Jan 2019 06:33 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8243 |
Actions (login required)
View Item |