Haq, M Zia Ul - 105410215 (2018) RANCANG BANGUN GAMELAN DIGITAL KHAS LOMBOK BERBASIS WEB. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text
1_105410215_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2_105410215_BAB_I.pdf - Published Version Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
3_105410215_BAB_II.pdf - Published Version Download (326kB) | Preview |
|
Text
4_105410215_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
||
Text
5_105410215_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (723kB) | Request a copy |
||
|
Text
6_105410215_BAB_V.pdf - Published Version Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
7_105410215_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
8_105410215_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (368kB) | Preview |
|
Text
9_105410215_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (469kB) | Request a copy |
Abstract
Gamelan adalah sebuah pernyataan musikal berupa kumpulan alat alat musik (bunyi-bunyian) tradisional dalam jumlah yang besar yang dapat dimainkan secara bersamaan sehingga membentuk sebuah irama. Pada jaman yang serba modern ini kesenian tradisional gamelan sangat sulit berkembang dan semakin tersingkirkan. Untuk itu diperlukan sebuah teknologi untuk mempermudah dalam pengenalan dan pembelajaran perangkat gamelan khas lombok yaitu kelentang secara virtual. Teknologi yang digunakan untuk pengimplementasian instrumen gamelan khas lombok ini adalah teknologi berbasis web karena dengan teknologi web dapat digunakan disemua perangkat yang mendukung internet. Virtual gamelan ini dibuat dengan aplikasi Adobe Flash CS3 dengan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript, dan ditekankan pada desain aplikasi serta kesesuaian nada dengan instrumen gamelan asli, aplikasi ini dapat dijalankan pada semua sistem operasi yang terpasang aplikasi peramban web. Metode penggunaan aplikasi ini adalah dengan mengarahkan mouse kemudian meng-klik di nada tertentu pada gambar instrumen untuk menghasilkan bunyi pada alat musik yang dimainkan. Selain itu dapat juga memainkan contoh lagu dan dapat melihat video demo lagu yang dapat dimainkan. Dengan pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan memainkan alat musik gamelan dan tidak akan terkendala oleh alat musik gamelan yang terhitung banyak. Kata kunci: Kelentang, Kesenian, Virtual, Desktop, Interaktif, ActionScript.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ir.Totok Suprawoto, M.M., M.T. |
Uncontrolled Keywords: | Kelentang, Kesenian, Virtual, Desktop, Interaktif, ActionScript. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Multimedia (Multimedia System) A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Multimedia (Multimedia System) |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | Users 4950 not found. |
Date Deposited: | 18 Okt 2018 01:09 |
Last Modified: | 18 Okt 2018 01:09 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/8219 |
Actions (login required)
View Item |