Arifah, Munifatul - 145610162 (2018) IMPLEMENTASI METODE TOPSIS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK DI PAMELLA SUPERMARKET YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text
1_145610162_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
2_145610162_BAB_I.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
3_145610162_BAB_II.pdf - Published Version Download (408kB) | Preview |
|
Text
4_145610162_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
5_145610162_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (530kB) | Request a copy |
||
|
Text
6_145610162_BAB_V.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
7_145610162_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8_145610162_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (90kB) | Preview |
|
Text
9_145610162_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (915kB) | Request a copy |
Abstract
Pamella Supermarket merupakan salah satu supermarket terbesar di Yogyakarta. Delapan cabang yang kini berdiri di daerah Yogyakarta menjadi salah satu bukti eksistensi Pamella Supermarket dalam persaingan bisnis ritel Dengan banyaknya cabang tersebut maka di pamella supermarket terdapat banyak bagian, untuk menangani bagian yang ada maka pamella supermarket mempekerjakan banyak pegawai. Salah satu kendala yang dihadapi pamella supermarket adalah bagaimana cara memanajemen banyaknya bagian dengan pegawai yang banyak tersebut, khususnya dalam penerapan sistem penilaian terhadap kinerja setiap pegawai di pamella supermarket, karena sistem penilaian yang diterapkan masih menggunakan sistem manual yaitu melakukan penilaian dengan lembar penilaian dan dalam proses perhitungan hanya dibantu dengan kalkulator. Berdasarkan permasalahan tersebut maka Pamella Supermarket perlu alat bantu khususnya untuk proses penilaian pegawai. Dengan itu penulis memiliki gagasan untuk mengembangkan sistem penilaian sekaligus menambahkan sistem pemilihan pegawai terbaik dengan sistem pendukung keputusan berbasis web dengan database MariaDB. Kriteria yang digunakan, yaitu kejujuran, taat peraturan, mangkir/alpa, kedisiplinan, tanggung jawab, kebersihan, kerajinan, kreatifitas, kerjasama, dan senyuman. Metode yang sesuai untuk permasalahan diatas ialah Metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode TOPSIS dianggap sesuai untuk kasus ini karena untuk pemilihan pegawai terbaik di Pamella Supermarket Yogyakarta ada kriteria yang diharapkan bernilai minimal dan ada pula yang bernilai maksimal. Hasil dari sistem ini adalah sistem dapat menggunakan kriteria penilaian yang sama disetiap toko, tetapi bobot yang digunakan dalam setiap kriteria per bagian dan per jabatan dapat berbeda. Laporan yang dihasilkan dari sistem ini adalah usulan pegawai terbaik, laporan penilaian pegawai terbaik, dan laporan history pegawai terbaik. Kata kunci : Kriteria, Pegawai Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Deborah Kurniawati, S.Kom., M.Cs. |
Uncontrolled Keywords: | Kriteria, Pegawai Terbaik, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support Systems) |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System) |
Depositing User: | Users 3051 not found. |
Date Deposited: | 19 Feb 2018 03:00 |
Last Modified: | 19 Feb 2018 03:00 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/7147 |
Actions (login required)
View Item |