Tarigan, Thomas Edyson - 00231074 (2016) Analisis Alokasi Memori Citra Bitmap 24 Bit. STMIK AKAKOM Yogyakarta, Yogyakarta.
|
Text
1_0023107402_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
2_0023107402_BAB_I.pdf - Published Version Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
3_0023107402_BAB_II.pdf - Published Version Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
4_0023107402_BAB_III.pdf - Published Version Download (387kB) | Preview |
|
Text
5_0023107402_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
||
|
Text
6_0023107402_BAB_V.pdf - Published Version Download (586kB) | Preview |
|
Text
7_0023107402_BAB_VI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
|
Text
8_0023107402_BAB_VII.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
9_0023107402_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
10_0023107402_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (777kB) | Preview |
|
Text
11_0023107402_PUBLIKASI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
Abstract
Ringkasan Analisis Alokasi Memori Citra Bitmap 24 Bit Oleh THOMAS EDYSON TARIGAN 197410232005011001 Citra dengan format BMP ada tiga macam : citra biner, citra berwarna, dan citra hitam-putih (grayscale). Citra biner hanya mempunyai dua nilai keabuan, yaitu 0 dan 1. Sedangkan citra berwarna setiap piksel disusun oleh tiga komponen warna : R (red), G (green), dan B (blue). Kombinasi dari tiga warna RGB tersebut menghasilkan warna yang khas untuk piksel yang bersangkutan. Setiap nilai piksel membutuhkan alokasi memori untuk menyimpan informasi derajat keabuan yang terdiri dari 0 dan 1 sepanjang 8 bit per byte. Sedangkan untuk citra bitmap 24 bit terdiri dari 3 byte untuk setiap piksel. Bagi sebagian orang masih sulit untuk menentukan ukuran memori yang dibutuhkan untuk menyimpan sebuah citra bitmap, karena citra bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan width dan height dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Penelitian ini fokus untuk menganalisis alokasi memori yang dibutuhkan untuk sebuah citra bitmap dengan format 24 bit. Parameter yang digunakan untuk menentukan alokasi memori yang dibutuhkan citra bitmap adalah ukuran width dan height. Hasil penelitian menunjukkan ukuran width citra bitmap sebagai dasar menentukan formula matematis untuk mengkalkulasi alokasi memori yang dibutuhkan. Selain itu ukuran width yang dikalikan derajat keabuan sebesar 3 Byte jika dimodulo ≠ 0 memori akan menghasilkan padding, besarnya ukuran padding ditentukan dari ukuran width dan height. Kata kunci : Citra Bitmap, Padding , Width, Height
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Citra Bitmap, Padding , Width, Height |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Komputer Grafis (Computer Graphics) |
Divisions: | Laporan Penelitian Dan Pengabdian |
Depositing User: | Wahyu Firmanto |
Date Deposited: | 12 Feb 2018 07:27 |
Last Modified: | 15 Mar 2018 02:46 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/6974 |
Actions (login required)
View Item |