PERMAINAN DENGAN OBJEK 3D OPENGL

Kuncara, Triyoga - 025410248 (2004) PERMAINAN DENGAN OBJEK 3D OPENGL. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
01 Halaman Judul.doc - Published Version

Download (146kB)
[img] Text
INTISARI.doc - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
02 BAB I PENDAHULUAN.doc - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
03 BAB II Landasan Teori.doc - Published Version

Download (392kB)
[img] Text
04 BAB III Perancangan Sistem.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
05 BAB IV Pembahasan dan Implementasi Program.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] Text
06 BAB V Penutup.doc - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
10 Listing Program.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

INTISARI Grafika telah berperan dalam berbagai segi kehidupan manusia, misalnya dalam keluarga, pendidikan, hiburan, kesenian, dan lain-lain. Perkembangan grafika komputer telah mewujudkan suatu antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface) yang menjadikan aplikasi komputer lebih mudah diterima penggunanya. Bahkan grafika komputer telah dimanfaatkan dalam dunia hiburan, misalnya saja dalam bentuk game atau movie. Dan dari game-game yang beredar di pasaran saat ini, kebanyakan telah disajikan dalam bentuk tiga dimensi. Sebagai seorang programmer pemula dalam grafika komputer, biasanya akan timbul pertanyaan yang menggelitik, misalnya “Apakah bahasa pemrograman yang saya kuasai, dapat digunakan untuk membuat aplikasi grafika tiga dimensi ? Jika bisa, bagaimana caranya ?”. Pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan yang sederhana tetapi langsung mengena. Oleh karena itu, perlu dipelajari bagaimana cara membuat aplikasi tiga dimensi menggunakan suatu bahasa pemrograman, dalam hal ini adalah Borland Delphi. Secara standar, pemrograman aplikasi tiga dimensi menggunakan Delphi dapat saja dilakukan tetapi programmer akan sangat kesulitan dengan perhitungan-perhitungan matriks-matriks untuk melakukan transformasi objek sampai dengan menerapkan efek-efek yang lain. Oleh karena itu, Skripsi ini disusun dengan maksud untuk memperkenalkan tentang pustaka OpenGL yang digunakan untuk melakukan hal-hal tersebut. Dengan OpenGL, programmer tidak perlu lagi harus mengetahui tentang perhitungan-perhitungan matriks, metode-metode transformasi, penerapan texture, dan lain-lain, walaupun tidak menutup kemungkinan ada pustaka-pustaka lain yang mendukung hal serupa, misalnya DirectX. Untuk memperkenalkan OpenGL ini, penulis mencoba menyampaikan dasar-dasar pemrograman OpenGL yang pengimplementasiannya diwujudkan dalam bentuk permainan karena sifat dari permainan adalah interaktif, sehingga user dapat melakukan sendiri demonstrasi objek-objek tiga dimensinya. Selain itu dengan permainan, teknik-teknik permrograman yang ingin disampaikan dapat terangkum dalam sebuah implementasi saja tanpa terlalu menuntut aplikasi permainan itu harus bagaimana dan seperti apa. Yang menjadi tujuan di sini adalah mengenalkan dasar pemrograman OpenGL untuk membuat objek-objek dua dan tiga dimensi sesuai dengan batasan masalah yang ada karena melihat kemampuan OpenGL sendiri sangat banyak. Batasan masalahnya di sini adalah kode program minimal untuk membuat aplikasi OpenGL, pembuatan objek-objek tiga dimensi sederhana, penerapan texturing, penggabungan texture, penerapan multitexture, dan efek pencahayaan (lighting). Dengan batasan masalah ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar kepada programmer khususnya pemula dalam pemrograman grafika komputer untuk membuat animasi-animasi objek tiga dimensi menggunakan pustaka OpenGL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ir. Sudarmanto, M. T. Thamir Abdul H., B. Sc., M. Sc.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 16 Okt 2017 07:40
Last Modified: 16 Okt 2017 07:40
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item