Sutrisno, Amadi - 025610019 (2006) IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE GUNA PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM BIDANG PEMASARAN STUDI KASUS : UD JATI SEMI – MADIUN. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.
Text
cover depan.doc - Published Version Download (72kB) |
|
Text
ii Hal. Persetujuan Pendadaran.doc - Published Version Download (73kB) |
|
Text
iii Hal. Pengesahan.doc - Published Version Download (70kB) |
|
Text
vi Hal. Kata Pengantar.doc - Published Version Download (22kB) |
|
Text
viii intisari.doc - Published Version Download (22kB) |
|
Text
iv Hal. motto.doc - Published Version Download (21kB) |
|
Text
v Hal. persembahan.doc - Published Version Download (23kB) |
|
Text
xi daftar isi.doc - Published Version Download (27kB) |
|
Text
BAB I.doc - Published Version Download (30kB) |
|
Text
BAB II.doc - Published Version Download (61kB) |
|
Text
BAB III.doc - Published Version Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
BAB IV.doc - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.doc - Published Version Download (26kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.doc - Published Version Download (22kB) |
Abstract
Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan adalah menjual barang atau jasa yang diproduksinya kepada pelanggan. Kemampuan menjual (pemasaran) mutlak diperlukan oleh perusahaan guna kelangsungan perusahaan, sebab jika produk yang dihasilkan tidak terserap oleh pasar maka kelangsungan perusahaan akan terancam. Agar kegiatan pemasaran lebih efektif dan tepat sasaran maka diperlukan berbagai macam alat bantu yang dapat digunakan. Salah satunya adalah dengan membuat data warehouse bagi perusahaan. Data warehouse adalah sebuah teknologi yang berisi tentang data tunggal, lengkap, dan konsisten yang dapat digunakan untuk menunjang pengambilan keputusan manajemen (pemasaran). UD Jati Semi adalah perusahaan mebel yang memproduksi berbagai macam meubel dan furniture. Salah satu produk yang dihasilkan oleh UD Jati Semi adalah Kusen yang digunakan untuk membangun rumah. Untuk mengetahui perbandingan tingkat penjualan dan ekspektasi (penyebaran) penjualan khususnya produk kusen dari kayu jati dan kayu nangka, maka pihak perusahaan membangun data warehouse yang digunakan untuk membantu pihak manajemen (manajer pemasaran) dalam menjual produknya. Dari hasil analisis berdasarkan data warehouse dengan menggunakan bantual tool’s idecide diperoleh hasil bahwa kemungkinan pendapatan rata-rata tiap bulan yang dapat diperoleh perusahaan untuk produk kusen dari kayu nangka sebesar Rp. 16.484.460; sedangkan untuk produk kusen dari kayu jati kemungkinan pendapatan pendapatan yang dapat diperoleh oleh perusahaan sebesar Rp. 26.345.452. Sedangkan dengan menggunakan SQL SERVER OLAP Manager, diperoleh hasil bahwa, selama tahun 2005 jumlah unit yang terjual untuk produk kusen kayu jati berjumlah 164 buah atau setara dengan Rp. 164.000.000 sedangkan untuk produk kusen dari kayu nangka berjumlah 183 buah atau setara dengan Rp. 128.100.000
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1 : L.N Harnaningrum, S.Si.,M.T Pembimbing 2 : Ir. Hera Wasiati Call Number : 140 Sut i |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Data Warehouse |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 06:36 |
Last Modified: | 28 Apr 2017 06:36 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/4207 |
Actions (login required)
View Item |