Wicaksono, Bujang Putro - 135610046 (2017) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA PENDERITA TB (TUBERCULOSIS) BERBASIS WEB DAN SMS GATEWAY DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BKPM) WILAYAH KLATEN. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM YOGYAKARTA.
|
Text
1_135610046_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
11_135610046_BAB I.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
12_135610046_BAB II.pdf - Published Version Download (190kB) | Preview |
|
Text
13_135610046_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (782kB) | Request a copy |
||
Text
14_135610046_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (493kB) | Request a copy |
||
|
Text
15_135610046_BAB V.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
16_135610046_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
18_135610046_CARA MENJALANKAN PROGRAM.pdf - Published Version Download (418kB) | Preview |
|
Text
19_135610046_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (834kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian bertujuan menerapkan konsep Customer Relationship Management (CRM) berbasis web sehingga menghasilkan website bagi Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) wilayah Klaten. Sistem yang dibangun terdapat enam aktor yaitu : masyarakat umum, pasien, dokter, tenaga medis, pimpinan, petugas. Selanjutnya penelitian bertitik pada penanganan penderita Tuberculosis di BKPM Wilayah Klaten. Tuberculosis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Pengobatan penyakit Tuberculosis erat hubungannya dengan kepatuhan berobat penderita secara teratur, serta rutin melakukan kontrol periodik sesuai jadwal yang ditetapkan. Pihak BKPM wilayah Klaten memiliki peran untuk terus mengingatkan pasien jika sudah waktunya melakukan kontrol, cara mengingatkan pasien dilakukan melalui SMS (Short Message Service). Dengan adanya website maka dapat memberikan kemudahan dalam memberi informasi bagi masyarakat umum dan khususnya bagi pasien, memudahkan pasien mendaftar pemeriksaan terlebih dahulu melalui website. Bagi pihak BKPM wilayah Klaten memudahkan dalam pengelolaan data serta memudahkan dalam pembuatan laporan-laporan yang dibutuhkan. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL untuk mempermudah dalam penyimpanan data. Untuk pemberitahuan yang dilakukan melalui SMS maka penggunaan SMS Gateway dapat menjadi solusi. SMS Gateway dapat digunakan untuk komunikasi dua arah, mengirim dan menerima pesan, maka SMS Gateway cocok digunakan sebagai SMS Center di BKPM wilayah Klaten untuk meningkatkan kualitas komunikasi. Kata Kunci : Customer Relationship Management, PHP, SMS Gateway Tuberculosis, Website.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Hera Wasiati, Ir., M.M |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Customer Relationship Management, PHP, SMS Gateway Tuberculosis, Website. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Sistem Informasi (Information System) |
Depositing User: | Unnamed user with username user17 |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 02:24 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 02:24 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/3724 |
Actions (login required)
View Item |