SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN KERUSAKAN HANDPHONE BESERTA ALTERNATIF SOLUSINYA BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS : HANDPHONE NOKIA N70)

Aji, Geson Kusumo - 055410248 (2009) SISTEM BERBASIS PENGETAHUAN KERUSAKAN HANDPHONE BESERTA ALTERNATIF SOLUSINYA BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS : HANDPHONE NOKIA N70). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
halaman depan.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
BAB I-V.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
Cara menjalankan aplikasi.doc - Published Version

Download (30kB)
[img] Text
lampiran_script_program.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)

Abstract

Pada penelitian ini dibuat suatu sistem berbasis pengetahuan mengenai diagnosa kerusakan handphone. Sistem ini merupakan suatu sistem dimana seorang pakar dapat mentransfer pengetahuannya dengan bantuan mesin komputer. Sistem ini menggantikan keberadaan seorang pakar untuk mendapatkan sebuah kesimpulan dan solusi dengan cepat dari masalah yang dihadapi khususnya dalam bidang kerusakan handphone. Tujuan dari sistem berbasis pengetahuan ini adalah untuk mempermudah kerja dari teknisi handphone dalam memperbaiki kerusakan yang terdapat pada handphone, serta membantu orang awam dalam menentukan kerusakan, karena sebagian gejala, bagian kerusakan, solusi serta video kerusakan sudah terekam dalam basis aturan pada sistem pakar ini. Komponen-komponen utama sistem pakar yang digunakan dalam sistem ini antara lain basis pengetahuan (knowledge base), basis data (database), mesin inferensi (inference engine), dan antar muka pemakai (user interface). Teknik inferensi yang digunakan yaitu penalaran maju (forward reasoning). Penalaran maju (forward reasoning) merupakan pelacakan yang memulai penalarannya dari sekumpulan data menuju kesimpulan. Dari analisa dan perancangan yang telah dilakukan pada Sistem Berbasis Pengetahuan Kerusakan Handphone beserta alternatif solusinya, maka tahap implementasi dibuat sebuah program aplikasi dengan bahasa pemrograman PHP dan knowledge disimpan dalam database MySQL. Pada sistem ini dilengkapi dengan menu konsultasi dimana terdapat 2 jawaban yang dapat dipilih untuk setiap gejala yang diajukan. Jawaban tersebut adalah “Ya”, dan “Tidak” Setiap jawaban diatas mempunyai pengaruh yang besar dalam menentukan hasil akhir berupa kesimpulan. Kata kunci : basis pengetahuan, forward reasoning, inference, knowledge, MySQL, PHP, WEB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Enny Itje Sela, S.Si., M.Kom. Call Number : 1542 Aji s
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : basis pengetahuan, forward reasoning, inference, knowledge, MySQL, PHP, WEB.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 02 Feb 2017 01:20
Last Modified: 02 Feb 2017 01:20
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/3298

Actions (login required)

View Item View Item