PERANGKAT LUNAK AJAR PROSES GERAK BENDA DAN PEGAS UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH UMUM

Yudha, Yanuar Sukma - 055410105 (2009) PERANGKAT LUNAK AJAR PROSES GERAK BENDA DAN PEGAS UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH UMUM. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
cover dpn.doc - Published Version

Download (27kB)
[img] Text
persetujuan.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
penngesahan.doc - Published Version

Download (278kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.doc - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
intisari.doc - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
persembahan1.doc - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
Daftar Isi.doc - Published Version

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.doc - Published Version

Download (40kB)
[img] Text
BAB II.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB III.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB IV.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.doc - Published Version

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.doc - Published Version

Download (22kB)

Abstract

Gerak merupakan salah satu kajian ilmu dari fisika. Dalam proses pembelajaran gerak, siswa sulit memahami dan mendapatkan visualisasi dari gerak yang dipelajari. Oleh karena itu perlu dibuat suatu aplikasi perangkat lunak yang dapat membuat simulasi dan visualisasi dari proses gerak benda dan pegas tersebut. Sehingga akan mempermudah siswa dalam pemahaman proses gerak benda dan pegas dalam ilmu fisika. Perangkat Lunak Ajar Proses Gerak Benda dan Pegas untuk pembelajaran Fisika tingkat Sekolah Menengah Atas adalah suatu sistem aplikasi yang dapat membantu seseorang untuk lebih mempermudah dalam memahami materi proses gerak benda (dinamika gerak) dan pegas (elastisitas pegas) yang ada pada ilmu fisika. Aplikasi ini dilengkapi dengan materi proses gerak benda dan pegas, simulasi dan visualisasi dari proses gerak benda dan pegas, dan latihan soal dalam bentuk pilihan ganda dari materi tersebut. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah dengan metode waterfall (siklus Air Terjun). Proses yang terjadi pada aplikasi ini adalah pemrosesan perhitungan rumus-rumus fisika tentang gerak benda dan pegas yang kemudian dilanjutkan dengan proses simulasi (proses gerak dari benda atau pegas), proses penyajian soal dan proses login yang kemudian di lanjutkan ke proses edit soal atau proses edit password. Untuk implementasi aplikasi ini, digunakan perangkat lunak Borland C++ Builder dan Paradox sebagai sistem manajemen basisdatanya. Aplikasi yang dibangun ini menghasilkan suatu perhitungan rumus-rumus fisika yang diperkuat dengan proses simulasi, di lengkapi dengan teori gerak benda dan pegas, latihan soal, tambah/hapus soal. Sehingga pada akhirnya dapat membantu mempermudah pemahaman konsep gerak benda dan pegas dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Syamsu Windarti, Apt., M.T. Call Number : 1528 Yud p
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 02 Feb 2017 01:19
Last Modified: 02 Feb 2017 01:19
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/3266

Actions (login required)

View Item View Item