Nadhroh, Tarbiyatun - 035410132 (2008) VISUALISASI PERHITUNGAN JARIMATIKA UNTUK ANAK MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.
Text
00.Cover.rtf - Published Version Download (144kB) |
|
Text
02.Hal Persetujuan ( ii ).rtf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
03.Hal Pengesahan ( iii ).rtf - Published Version Download (181kB) |
|
Text
06.Kata Pengantar (vi-vii ).rtf - Published Version Download (24kB) |
|
Text
07.INTISARI ( viii ).rtf - Published Version Download (45kB) |
|
Text
04.MOTTO (iv ).rtf - Published Version Download (17kB) |
|
Text
05. PERSEMBAHAN ( v ).rtf - Published Version Download (33kB) |
|
Text
08. Daftar Isi Ok ( ix-xii ).rtf - Published Version Download (126kB) |
|
Text
11.BAB I (hal 1-4).rtf - Published Version Download (45kB) |
|
Text
12.BAB II (hal 5-17).rtf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (112MB) |
|
Text
13.BAB III (hal 18-31).rtf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
14.BAB IV (hal 32-44).rtf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (141MB) |
|
Text
15.BAB V (Hal 45-46).rtf - Published Version Download (50kB) |
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA (hal 47).rtf - Published Version Download (41kB) |
|
Text
Kode Program Visualisasi Perhitungan Jarimatika.docx.rtf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Setiap anak memiliki cara masing-masing dalam memahami pelajaran yang diterima. Dengan kondisi tersebut orang tua dan guru harus dapat mengetahui dengan tepat pendekatan yang cocok untuk anak-anaknya. Seperti halnya belajar berhitung, hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Secara bertahap para orang tua dan guru membimbing anak-anak untuk menguasai konsep berhitung. Untuk meningkatkan efektifitas belajar, para orang tua dan guru dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media yang lainnya. Jari tangan juga merupakan alat yang dapat digunakan dalam berhitung. Dengan eksperimen yang tepat maka tercipta suatu metode berhitung yang memanfaatkan jari tangan yang disebut metode jarimatika. Metode ini selain menggunakan media jari tangan juga memanfaatkan media suara sehingga anak-anak merasa belajar seperti bermain. Untuk lebih menarik minat anak-anak, maka metode jarimatika tersebut di visualisasikan dalam sebuah aplikasi komputer. Aplikasi jarimatika ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access 2000. Aplikasi ini terdiri dari beberapa menu, yaitu pengenalan angka yang terdiri dari angka satuan, puluhan, teman besar, teman kecil dan rumus.menu latihan yang terdiri dari operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dan juga quiz untuk mengetahui sejauh mana anak atau user dalam memahami perhitungan jarimatika. Dengan aplikasi jarimatika ini anak-anak dapat belajar berhitung menggunakan metode jarimatika secara mandiri. Kekurangan dari aplikasi jarimatika ini, yaitu hanya mencakup pada perhitungan satuan dan puluhan saja. Kata Kunci : Anak-anak, Aplikasi, Jarimatika, Multimedia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wagito,S.T.,M.T. Y.Yohakim Marwanta, S.Kom. Call Number : 1240 Nad v |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Anak-anak, Aplikasi, Jarimatika, Multimedia. |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | V Sudarmi |
Date Deposited: | 08 Des 2016 07:21 |
Last Modified: | 08 Des 2016 07:21 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/2603 |
Actions (login required)
View Item |