LAYANAN SMS UNTUK INFORMASI TAGIHAN LISTRIK DI PLN CABANG PEKANBARU

Oroh, Audy Joize - 045410009 (2006) LAYANAN SMS UNTUK INFORMASI TAGIHAN LISTRIK DI PLN CABANG PEKANBARU. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
HALAMAN JUDUL.rtf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
INTISARI.doc - Published Version

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc - Published Version

Download (74kB)
[img] Text
BAB I AUDY.rtf - Published Version

Download (41kB)
[img] Text
BAB II AUDY.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III AUDIE.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)
[img] Text
BAB IV AUDIE.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V AUDIE.doc - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AUDIE.doc - Published Version

Download (20kB)
[img] Text
LAMPIRAN AUDIE.doc - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

PT. PLN (PERSERO) merupakan subuah BUMN yang melayani masyarakat dalam penyediaan listrik di Indonesia. Dalam penyediaan informasi tagihan, saat ini PLN masih menggunakan layanan informasi dengan menggunakan saluran telepon. Untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, PLN memerlukan penyediaan layanan informasi mengenai tagihan listrik secara on-line yang dapat memberikan informasi tagihan listrik secara cepat dan mudah. Dari analisis tersebut, penyajian informasi yang paling mudah diakses dan menjadi peluang bisnis bagi PLN adalah penggunaan SMS untuk menyajikan tagihan rekening listrik. Hal ini disebabkan banyaknya jumlah pemilik telepon seluler dewasa ini dan dengan media SMS pelanggan dapat mengetahui tagihan rekening listriknya dengan cepat. Pihak PLN tanpa harus investasi yang besar dapat mendapatkan pendapatan tambahan hanya dengan menjual informasi tagihan rekening listrik ini. Hal ini terjadi karena PLN dapat bekerja sama dengan operator telepon seluler untuk menyediakan jasa ini sehingga tidak perlu investasi yang besar untuk peralatannya. Jadi penelitian ini memberikan kontribusi bagi pelanggan listrik PLN dengan memberikan informasi tagihan rekening listrik yang mudah diakses. Selain itu penggunaan media SMS juga dapat menghasilkan pendapatan tambahan bagi PLN dengan menggunakan tarif premium serta membuktikan pada masyarakat bahwa PLN mampu menjadi good corporate governance. Hasil penelitian ini hanyalah sebagian kecil dari pengimplementasian sistem informasi, pengembangan sistem informasi yang berkaitan dengan tagihan rekening listrik ini dapat dikembangkan lebih lanjut, misalnya untuk pembayaran tagihan rekening listrik yang dilakukan melalui SMS banking. Dari fakta ini peneliti mengharapkan agar ada peneliti lain yang menindaklanjuti di masa yang akan datang dari apa yang telah peneliti lakukan ini. Intisari : SMS, PLN, listrik, telepon seluler, tagihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Badiyanto, S.KOm., M.KOm. Ir. Hadiyono, Call Number : 830 Oro l
Uncontrolled Keywords: Intisari : SMS, PLN, listrik, telepon seluler, tagihan.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 06 Des 2016 04:27
Last Modified: 06 Des 2016 04:27
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item