Hidayatulloh, Fithroh - 125410273 (2016) TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DENGAN METODE MARKERLESS UNTUK PENCARIAN LOKASI BINATANG DI KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.
|
Text
1_125410273_COVER.pdf - Published Version Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
2_125410273_HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
3_125410273_HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
4_125410273_HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
5_125410273_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
6_125410273_INTISARI.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
7_125410273_HALAMAN MOTTO.pdf - Published Version Download (174kB) | Preview |
|
|
Text
8_125410273_HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf - Published Version Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
9_125410273_DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
10_125410273_BAB I.pdf - Published Version Download (50kB) | Preview |
|
Text
11_125410273_BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
Text
12_125410273_BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
||
Text
13_125410273_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
||
|
Text
14_125410273_BAB V.pdf - Published Version Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
15_125410273_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
16_125410273_CARA MENJALANKAN PROGRAM.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
Text
17_125410273_LISTING PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (638kB) |
Abstract
Gembira Loka merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi. Gembira Loka menyuguhkan wisata keindahan alam,satwa dan beberapa wahana permainan. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkan peta lokasi dari setiap binatang yang ada. Akan tetapi peta yang diberikan masih dalam bentuk kertas dan papan , tentunya dengan peta kertas dan papan tidak dapat menunjukan posisi pengunjung. Maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi lokasi binatang dan juga lokasi pengguna. Dengan memanfaatkan dukungan perangkat keras pada smartphone seperti adanya kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompas. Dalam proses pembangunan aplikasi ada dua tahapan yang dilakukan, yaitu pengambilan lokasi latitude dan longitude dari setiap binatang dengan memanfaatkan GPS, kemudian pembangunan aplikasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality, dimana metode yang digunakan adalah metode markerles. Dengan menggunkan lokasi yang didapatkan dan penggunaan teknologi Augmented Reality serta fitur kamera, GPS, sensor akselerometer, dan kompas maka lokasi dari setiap binatang dapat ditampikan dengan munggunakan kamera. Aplikasi ini dapat manampilkan lokasi pengguna dan lokasi binatang yang dicari dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Selain itu aplikasi juga dapat menampilkan jarak pengguna dan lokasi berdasarkan garis lurus. Objek Augmented Reality terlihat kecil saat jaraknya jauh dari lokasi pengguna dan akan membesar saat berada dekat dengan lokasi pengguna. Kata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphone
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ir. M. Guntara, M.T. Call Number : 124 Hid t |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci :Augmented Reality, Gembira Loka, Markerless, Smartphone |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Pemrograman (Programming) |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | V Sudarmi |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 06:50 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 06:51 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/1638 |
Actions (login required)
View Item |