Lupiana, Wuri- 105410297 (2012) APLIKASI PEMBELAJARAN IQRO BERBASIS MOBILE. Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.
Text
COVER.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
|
Text
INTISARI.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (92kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
||
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (844kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
CARA MENJALANKAN PROGRAM.pdf - Published Version Download (178kB) | Preview |
|
Text
LISTING PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an hendaknya dilakukan sejak dini dikarenakan pada usia tersebut otak akan menyerap ilmu secara optimal. Salah satu metode pembelajaran Al-Quran yang banyak ditemui adalah metode iqro. Seiring berjalannya waktu, metode pembelajaran dengan menggunakan buku iqro ini kurang efektif dan interaktif. Proses belajar menjadi cenderung teks book dan monoton. Sehingga anak-anak akan lebih tahan duduk berjam-jam di depan televisi dan bermain game mobile daripada duduk setengah jam mengaji. Namun sebagian besar isi dari aplikasi mobile yang ada adalah permainan (game) yang bersifat menghibur dan belum banyak aplikasi mobile yang dipergunakan sebagai sarana belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi berbasis mobile yang diharapkan dapat membuat proses belajar iqro lebih mudah dipahami dan interaktif. Media pembelajaran yang diterapkan adalah mobile learning karena mobile learning memiliki tingkat mobilitas yang tinggi dengan aktivitas tanpa batas area. Sehingga aplikasi pembelajaran iqro berbasis mobile ini dapat melengkapi atau menggantikan pembelajaran iqro yang bersifat konvensional. Aplikasi ini terdiri dari menu materi, menu latihan, menu petunjuk dan menu nilai. Dimana tiap-tiap menu terdiri dari jilid 1 dan jilid 2. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman java yakni Java 2 Micro Edition (J2ME) dengan memanfaatkan Neatbens 6.8 sebagai editornya. Untuk permodelannya, aplikasi ini mengggunakan Rational Rose. Serta aplikasi ini telah diujicoba pada ponsel Nokia N70 dan ponsel Sony Ericsson Naite GreenHeart. Kata Kunci : Aplikasi, Arabic Unicode, Iqro, J2ME, Learning, Mobile
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dison Librado, S.E., M.KOm. Call Number : 119 Lup a |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Aplikasi, Arabic Unicode, Iqro, J2ME, Learning, Mobile |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi |
Divisions: | Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering) |
Depositing User: | V Sudarmi |
Date Deposited: | 29 Agu 2016 03:38 |
Last Modified: | 29 Agu 2016 03:38 |
URI: | http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/1511 |
Actions (login required)
View Item |