IMPLEMENTASI ALGORITMA GENERATE AND TESTADA PERMAINAN "CAPSA SUSUN" BERBASIS JAVA (J2SE)

Sugianto, Dony - 075410259 (2011) IMPLEMENTASI ALGORITMA GENERATE AND TESTADA PERMAINAN "CAPSA SUSUN" BERBASIS JAVA (J2SE). Skripsi thesis, STMIK AKAKOM Yogyakarta.

[img] Text
cover.docx - Published Version

Download (51kB)
[img] Text
01.Sampul & Daftar isi.docx - Published Version

Download (79kB)
[img] Text
02.BAB 1.docx - Published Version

Download (26kB)
[img] Text
03.BAB 2.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
04.BAB 3.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
05.BAB 4.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
06.BAB 5.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
07.DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version

Download (14kB)

Abstract

Permainan Capsa Susun ini adalah jenis permainan kartu. Permainan Capsa Susun mengharuskan setiap pemain untuk menyusun 13 kartu yang didapat hingga dianggap optimal susunannya. Permainan Capsa Susun merupakan permainan yang mengasah logika dan kreatifitas pemain, sehingga sistem yang dibangun dapat memainkan permainan capsa susun ini mendekati atau bahkan lebih baik dari manusia. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana sistem dapat mencari solusi penyelesaian dengan membentuk kombinasi kartu dari kartu yang didapat pada masing – masing pemain komputer dan menyusun kombinasi kartu tersebut seoptimal mungkin dan melakukan kakulasi untuk pencarian total nilai jalur kombinasi kartu yang paling optimal. Setelah itu akan dibandingkan nilai total kombinasi – kombinasi kartu dengan lainnya, sehingga didapat nilai total yang paling optimal dari perbandingan nilai totoal kombinasi – kombinasi kartu lainnya. Maka yang memperoleh nilai total kombinasi yang paling optimal menjadi pemenang. Sistem yang dibangun untuk pencarian solusi menggunakan pendekatan algoritma Generate and Test. Pecarian dimulai dengan men – generate semua kemungkinan kombinasi yang mungkin dibentuk dari 13 kartu awal, kemudian sistem men – test semua kombinasi kartu yang didapat dengan memberikan nilai pada setiap kombinasi kartu tersebut dan mentotal kombinasi – kombinasi kartu pada jalurnya sehingga didapat nilai jalur kombinasi. Setelah didapat nilai jalur kombinasi, semua nilai jalur kombinasi tersebut dibandingkan satu dengan yang lain untuk ditetapkan sebagai nilai jalur yang optimal. Hasil yang dicapai dari implementasi sistem ini adalah menemukan kemungkinan solusi sehingga membentuk jalur kombinasi yang optimal. Sehingga sistem mampu menyusun kombinasi yang paling optimal. Kelebihan dari sistem yang dibangun ini dapat menampilkan maksimal 4 pemain dan minimal 1 mesin cerdas pada layar permainan dari sistem lainnya. Kartu pada permainan dapat dipilih terbuka atau tertutup, dan pada penyusunan kartu terdapat batasan waktu. Sistem disarankan dapat melakukan akurasi yang lebih cepat. Kata kunci : Permainan kartu, Kombinasi kartu, Generate and test, Optimal, Batasan waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing : Drs. Berta Bednar, M.T. Call Number : 1884 Sug i
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Permainan kartu, Kombinasi kartu, Generate and test, Optimal, Batasan waktu.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi
Divisions: Jenjang Strata Satu > Teknik Informatika (Informatic Engineering)
Depositing User: V Sudarmi
Date Deposited: 30 Jun 2016 06:01
Last Modified: 30 Jun 2016 06:01
URI: http://eprints.akakom.ac.id/id/eprint/1227

Actions (login required)

View Item View Item