PERANCANGAN UI/UX WEBSITE SINOMAN UNTUK SISTEM LAYANAN BANTUAN PERUMAHAN DENGAN METODE DESIGN THINKING

Triyanto, Herjuno - 225610066 (2025) PERANCANGAN UI/UX WEBSITE SINOMAN UNTUK SISTEM LAYANAN BANTUAN PERUMAHAN DENGAN METODE DESIGN THINKING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_225610066_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text
2_225610066_BAB_I.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
3_225610066_BAB_II.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
4_225610066_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
5_225610066_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
6_225610066_BAB_V.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
7_225610066_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text
8_225610066_LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi dalam berbagai layanan publik, termasuk sektor perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Permasalahan rumah tidak layak huni dan keterbatasan akses terhadap bantuan menuntut adanya sistem yang transparan, terstruktur, dan mudah diakses. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan dan Kawasan Permukiman Jawa III mengembangkan SINOMAN (Sistem Informasi Antrean Omah Transparan), sebuah platform berbasis website yang bertujuan untuk mendukung proses pengelolaan antrean dan distribusi bantuan perumahan secara efisien. Dalam perancangan ini, mahasiswa bekerja sama dengan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan dan Kawasan Permukiman Jawa III dalam proses perancangan dengan menerapkan metode Design Thinking, yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pada tahap awal merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) website SINOMAN, dengan fokus menciptakan tampilan sederhana, interaktif, dan mudah dipahami. Proses perancangan meliputi analisis kebutuhan pengguna, pembuatan wireframe dan prototipe, serta pengujian desain untuk memastikan alur penggunaan sesuai kebutuhan. Hasil berupa rancangan UI/UX website SINOMAN yang telah menghasilkan tampilan halaman login, halaman lupa sandi, dashboard admin pemerintah, lurah, camat dan dukuh, form antrean bantuan, dan halaman informasi masyarakat. Desain yang dihasilkan bersifat interaktif dan responsif, yang mempermudah masyarakat dalam mengecek antrean secara real time, mempermudah proses pengelolaan, verifikasi dan pemantauan oleh admin pemerintah. Selain itu, lurah, camat, dan dukuh juga dapat mengelola data bantuan perumahan tetapi memiliki akses terbatas ke dashboard hanya berperan sebagai penghubung antara warga dan sistem tanpa kewenangan verifikasi data penerima bantuan. Implementasi rancangan ini membantu meningkatkan efisiensi kerja admin pemerintah, lurah, camat dan dukuh dalam mengelola data bantuan perumahan dan memperkuat transparansi layanan kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam menerapkan metode perancangan UI/UX pada sistem informasi publik berbasis website. Kata Kunci: Sistem Informasi, UI/UX, Design Thinking, SINOMAN, Bantuan Perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Bambang P.D Putranto, S.Kom., MMSI
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, UI/UX, Design Thinking, SINOMAN, Bantuan Perumahan.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > METODE DESIGN THINKING
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > USER EXPERIENCE
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > WEBSITE
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface
Divisions: Skripsi (S1) > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 22 Okt 2025 06:57
Last Modified: 22 Okt 2025 06:57
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10925

Actions (login required)

View Item View Item