RAMADHANI, NUR - 205410111 (2024) IMPLEMENTASI METODE GAME DESIGN DOCUMENT (GDD) UNTUK GAME PEMBELAJARAN BAHASA LONTARA BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Teknologi Digital Indonesia.
Text (HALAMAN DEPAN)
1_205410111_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
2_205410111_BAB_I.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB II)
3_205410111_BAB_II.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB III)
4_205410111_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
5_205410111_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
6_205410111_BAB_V.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_205410111_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (CARA MENJALANKAN PROGRAM)
8_205410111_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (LISTING PROGRAM)
9_205410111_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permainan merupakan kegiatan kompleks yang didalamnya terdapat peraturan, permainan, dan budaya. Ketegori remaja awal memiliki rasa penasaran dan ketertarikan yang sangat tinggi terhadap dunia game mobile. Pembelajaran konvensional sering kali membuat anak kesulitan dan merasa bosan dalam memahami Pelajaran karena menggunakan buku serta mendengarkan penjelasan guru. Pemberian rangsangan Pendidikan yang tepat sangat diperlukan untuk memastikan anak tidak mengalami kecanduan bermain game mobile. Oleh karena itu, penulis bertujuan untuk memberikan solusi dengan mengimplementasikan game pembelajaran berbasis Android yang dapat memberikan pengetahuan mengenai Bahasa Lontara Makassar kepada siswa. Media pembelajaran interaktif ini diharapkan akan memudahkan anak dalam mempelajari, memahami, dan menguasai Bahasa Lontara Makassar. Dari permasalahan tersebut, penulis mengembangkan permainan edukasi Bahasa Lontara Makassar Sederhana untuk siswa Sekolah Menengah Pertama yang baik untuk tumbuh kembang mereka dan dapat meningkatkan keretampilan berbahasa siswa-siswi. Penulis menggunakan program aplikasi RPG Maker MV dalam pembuatan game tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi game pembelajaran Bahasa Lontara Makassar yang membantu pengguna dalam belajar sehingga dapat dijadikan sebagai media belajar yang lebih mudah dimengerti dan menyenangkan bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama. Game Bahasa Lontara ini terdiri dari alur cerita yang diangkat dari buku Pappilajarang Basa Mangkasarak. Oleh Dr. Kembong Daeng, M.Hum. Edisi Terbaru Tahun 2020/jilid 7, quest, dan aksara Lontara Makassar. Kata Kunci: RPG Maker MV, game, Bahasa Lontara, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dini Fakta Sari, S.T., M.T., |
Uncontrolled Keywords: | RPG Maker MV, game, Bahasa Lontara, Media Pembelajaran |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android |
Divisions: | Jenjang S1 > Informatika (S1) |
Depositing User: | Titis Pratiwi |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 03:04 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10421 |
Actions (login required)
View Item |