Muntaha, Ifan Ali - 22/1007/0065/TSD/07 (2024) PREDIKSI PENJUALAN PRODUK FASHION MENGGUNAKAN REGRESI LINIER SEDERHANA STUDI KASUS PADA MARKETPLACE WASERDASHOP. Masters thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.
Text
1_2210070065TSD07_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
2_2210070065TSD07_BAB_I.pdf - Published Version Download (132kB) |
|
Text
3_2210070065TSD07_BAB_II.pdf - Published Version Download (158kB) |
|
Text
4_2210070065TSD07_BAB_III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
5_2210070065TSD07_BAB_IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (534kB) |
|
Text
6_2210070065TSD07_BAB_V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (550kB) |
|
Text
7_2210070065TSD07_KESIMPULAN.pdf - Published Version Download (135kB) |
|
Text
8_2210070065TSD07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version Download (91kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah pola perilaku konsumen dalam berbelanja, dengan marketplace menjadi salah satu tempat utama untuk bertransaksi. Namun, banyak penjual menghadapi tantangan dalam meningkatkan penjualan produk mereka di tengah persaingan yang ketat dengan kendala salah satunya keterbatasan stok ataupun kelebihan stok barang pada bulan tertentu. Agar tetap kompetitif dan guna memenuhi kebutuhan konsumen, perlu memanfaatkan alat dan metode analisis untuk memenuhi kebutuhan produk pelanggan sehingga stok produk tidak kekurangan atau berlebihan. Berlatar belakang masalah tersebut penulis akan meneliti tentang bagaimana cara memprediksi penjualan dimasa mendatang berdasarkan data penjualan yang sudah terjadi selama satu tahun. Data penjualan secara keseluruhan akan di analisa sehingga penyediaan stock pada bulan berjalan tidak berlebihan, hal ini memerlukan cara analitik untuk mendapatkan prediksi yang tepat. Data penjualan dianalisis menggunakan metode machine learning. Banyak sekali metode machine learning yang dapat digunakan untuk membantu memprediksi penjualan di masa depan namun dalam menyelesaikan masalah tersebut penulis menggunakan machine learning (regresi linier sederhana) dengan variabel tetap bulan pada tahun dan variabel bebas jumlah permintaan jenis fashion. Dengan menggunakan machine learning (regresi linier sederhana) ini diharapkan dapat menyesuaikan stok produk, mengatur kampanye pemasaran, dan mengoptimalkan penawaran produk, sehingga potensi penjualan dan fluktuasi pasar lebih efektif. Kata Kunci: prediksi penjualan, regresi linier sederhana, marketplace, machine learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Luciana Nugraeni Harnaningrum, S.Si., M.T |
Uncontrolled Keywords: | Prediksi penjualan, regresi linier sederhana, marketplace, machine learning |
Subjects: | A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Sistem Informasi |
Divisions: | Jenjang S2 > Teknologi Informasi (S2) |
Depositing User: | Mr. Andi Setyanto |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 02:52 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 02:52 |
URI: | http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10340 |
Actions (login required)
View Item |