PERANCANGAN PURWARUPA APLIKASI PENJUALAN PRODUK MAKANAN UNTUK PLATFORM MOBILE MENGGUNAKAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS: UMKM SAMBEL GAGAL DIET)

Gemintang, Magfirah Dinda Kirani Dara - 205411075 (2024) PERANCANGAN PURWARUPA APLIKASI PENJUALAN PRODUK MAKANAN UNTUK PLATFORM MOBILE MENGGUNAKAN DESIGN THINKING (STUDI KASUS: UMKM SAMBEL GAGAL DIET). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_205411075_HALAMAN_DEPAN (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2_205411075_BAB_I (1).pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
3_205411075_BAB_II (1).pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text
4_205411075_BAB_III (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)
[img] Text
5_205411075_BAB_IV (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_205411075_BAB_V (1).pdf - Published Version

Download (11kB)
[img] Text
7_205411075_DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
8_205411075_LAMPIRAN (1).pdf - Published Version

Download (31kB)

Abstract

UMKM Sambel Gagal Diet (SGD) merupakan salah satu UMKM yang beroperasi di bidang F&B. Sambel Gagal Diet sendiri menjual produk sambel rumahan berbentuk kemasan instan yang bisa dikirim dan siap santap. Untuk saat ini, SGD hanya melayani penjualan secara online menggunakan Instagram dan WhatsApp. Hal ini menjadikan proses jual beli bersifat manual, konvensional, dan kurang efektif. Sehingga, diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mengotomatisasi proses penjualan sehingga menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, dibuatlah penelitian untuk merancang desain pada purwarupa aplikasi penjualan menggunakan metode design thinking pada aplikasi figma. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan pihak UMKM dan pelanggan UMKM, terdapat beberapa masalah utama, yaitu sistem pembayaran, pemesanan, checkout, dan pengecekan ketersediaan produk yang masih manual. Sehingga, dibuatlah perancangan desain purwarupa yang menyesuaikan dengan masalah dan kebutuhan pengguna, dihasilkan 16 halaman desain. Kemudian, purwarupa tersebut diuji dengan usability test dengan memberikan 6 skenario tugas kepada 19 responden menggunakan aplikasi maze. Hasil pengujian menunjukkan tingkat efisiensi yang baik dengan rata-rata durasi pengerjaan tugas selama 3 detik. Selain itu, hasil pengujian juga menunjukkan nilai usability score dari purwarupa sebesar 84. Sedangkan, berdasarkan opinion scale dari responden menilai bahwa purwarupa ini mudah dijalankan dan dioperasikan di mana 93.33% dari jawaban pada opinion scale memberikan nilai 5/5. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengujian berhasil dan rancangan desain purwarupa sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Kata Kunci : Design Thinking, Purwarupa, UI/UX, UMKM, Usability Test

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pius Dian Widi Anggoro, S.Si., M.Cs
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Purwarupa, UI/UX, UMKM, Usability Test
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Berbasis Mobile
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > User Interface
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:16
Last Modified: 21 Mar 2024 06:16
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10302

Actions (login required)

View Item View Item