MARKET BASKET ANALYSIS PENJUALAN ALAT DAN BAHAN SABLON MENGGUNAKAN METODE ALGORIMA APRIORI (STUDI KASUS ENOL SPS JOGJA)

Labiibah, Syadza Latif (2023) MARKET BASKET ANALYSIS PENJUALAN ALAT DAN BAHAN SABLON MENGGUNAKAN METODE ALGORIMA APRIORI (STUDI KASUS ENOL SPS JOGJA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_165610107_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
2_165610107_BAB_I.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
3_165610107_BAB_II.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
4_165610107_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (934kB)
[img] Text
5_165610107_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_165610107_BAB_V.pdf - Published Version

Download (84kB)
[img] Text
7_165610107_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text
8_165610107_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text
9_165610107_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)

Abstract

Enol SPS (Screen Printing Suplier) merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang alat dan bahan sablon yang terletak di wilayah Bantul - Yogyakarta. Perusahaan ini memproduksi meja sablon, screen sablon, meja afdruk, rak screen, dan rak rakel. Selain memproduksi alat, perusahaan ini juga menjual bahan sablon seperti cat sablon, obat afdruk, remover dan lain-lain. Selama ini pemanfaatan data transaksi penjualan Enol SPS hanya tersimpan dalam arsip. Dimana data tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan untuk menjadi informasi yang berguna untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam hal ini perlu dilakukan analisis data transaksi panjualan untuk mendapatkan pola penjualan. Dengan adanya informasi mengenai pola penjualan, Enol SPS dapat mengetahui apa yang sering dibeli oleh pelanggan. Sehingga dari pola pembelian pelanggan, pengambilan keputusan bisa dilakukan oleh pihak marketing Enol SPS yang berhubungan dengan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem yang dapat digunakan untuk membantu pihak Enol SPS agar medapatkan pola penjualan yang dapat membantu tim marketing agar dapat membuat strategi pemasaran agar tercapainya target penjualan. Aplikasi yang dibangun merupakan aplikasi data mining berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Framework Laravel dan database MySql, metode yang digunakan adalah algoritma apriori. Metode ini dapat membantu dengan memberikan hubungan antar item dalam data transaksi penjualan dimana dalam pembentukan kandidat item yang mungkin terjadi, kemudian dilakukan pengujian apakah kombinasi tersebut memenuhi parameter minimum support dan minimum confidence yang merupakan nilai ambang batas yang diberikan oleh user. Sehingga dapat memberikan informasi yang nantinya akan menjadikan dasar pengambilan keputusan oleh pihak Enol SPS Jogja. Kata Kunci : Data Mining, Algoritma Apriori, Strategi Pemasaran, Pola Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Deborah Kurniawati, S. Kom., M. Cs.
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Algoritma Apriori, Strategi Pemasaran, Pola Penjualan
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Algoritma
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Analisis Sistem
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > E-commerce
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Database > Data Mining
Divisions: Jenjang S1 > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:59
Last Modified: 07 Nov 2023 06:59
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10190

Actions (login required)

View Item View Item