IMPLEMENTASI METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME “RAMA DAN SHINTA” BERBASIS ANDROID

Kustanto, Ari (2023) IMPLEMENTASI METODE FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME “RAMA DAN SHINTA” BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
165410149_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (817kB)
[img] Text
165410149_BAB_I.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text
165410149_BAB_II.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text
165410149_BAB_III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
165410149_BAB_IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
165410149_BAB_V.pdf - Published Version

Download (71kB)
[img] Text
165410149_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text
165410149_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (598kB)
[img] Text
165410149_LISTING_PROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang menjadi pilihan masyarakat untuk menghilangkan stres dan sekedar mengisi waktu luang untuk menghilangkan kebosanan. Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Dengan memperhitungkan dan menganalisis hal-hal di atas, akan dibuat game “Rama dan Shinta” berbasis Android dengan implementasi metode Finite State Machine (FSM) untuk mengontrol perubahan animasi karakter Player dan Non Player Character (NPC) sehingga bisa berperilaku natural dalam permainan. Game ini dibangun dengan bahasa pemrograman C# dengan software Unity game engine. Hasil penelitian ini telah menghasilkan game dua dimensi yang bisa dimainkan pada platform android. Game ini dapat digunakan sebagai sarana edukasi untuk mengenalkan sekaligus melestarikan cerita tokoh pewayangan di Indonesia. Kata kunci: Game, Rama dan Shinta, Finite State Machine, FSM, Unity Game Engine

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dini Fakta Sari, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Game, Rama dan Shinta, Finite State Machine, FSM, Unity Game Engine
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman > PHP > C++
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 20 Okt 2023 07:24
Last Modified: 20 Okt 2023 07:24
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item