PENGENALAN PAKAIAN ADAT KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Prayogi, Andi Amin (2023) PENGENALAN PAKAIAN ADAT KALIMANTAN SELATAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TEKNOLOGI DIGITAL INDONESIA.

[img] Text
1_175410052_HALAMAN_DEPAN.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text
2_175410052_BAB_1.pdf - Published Version

Download (44kB)
[img] Text
3_175410052_BAB_2.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text
4_175410052_BAB_3.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] Text
5_175410052_BAB_4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_175410052_BAB_5.pdf - Published Version

Download (61kB)
[img] Text
7_175410052_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
8_175410052_CARA_MENJALANKAN_PROGRAM.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text
9_175410052_LISTINGPROGRAM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)

Abstract

Provinsi Kalimantan Selatan memiliki jumlah penduduk 4 juta jiwa dengan suku Banjar yang menjadi mayoritas penduduk di Kalimantan Selatan. Sehingga menjadikan kebudayaan Banjar sebagai ikon utama kebudayaan daerah. Salah satu kebudayaan Banjar adalah pakaian adat yang memiliki ciri khas tertentu. Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan perubahaan yang terjadi dimasyarakat hampir menggerus adat isitadat yang ada dimasyarakat. Sehingga dalam hal ini melakukan pengenalan yang lebih interaktif menggunakan teknologi Augmented Reality. Pada penelitian ini dilakukan dengan membuat Aplikasi Pengenalan Pakaian Adat Menggunakan Augmented Reality. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Marker Based Tracking yaitu Image Target menggunakan Augmented Reality berbasis Android. Dengan Implementasi Image Target dimana dibutuhkan Marker untuk menampilkan objek pakaian adat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan pakaian adat Kalimantan Selatan melalui pengembangan teknologi Augmented Reality dengan Library Vuforia serta informasi mengenai pakaian adat dalam upaya memperkenalkan budaya lokal seiring perkembangan teknologi yang pesat. Berdasarkan hasil pengujian sistem berjalan dengan baik dan optimal pada sudut (30-60°) dan pada jarak (30-60cm) sedangkan intensitas cahaya optimal pada (70-120lux) dan setiap objek pakaian adat dapat ditampilkan dengan baik setelah marker terdeteksi oleh kamera smartphone. Kata Kunci: Augmented Reality, Image Target, Marker Based Tracking, Pakaian Adat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dini Fakta Sari, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Image Target, Marker Based Tracking, Pakaian Adat.
Subjects: A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Pengembangan Aplikasi
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Program Aplikasi > Program Aplikasi Android
A Karya Umum (General) > Ilmu Komputer (Computer Science) > Bahasa Pemrograman
Divisions: Jenjang S1 > Informatika (S1)
Depositing User: Mr. Andi Setyanto
Date Deposited: 18 Okt 2023 08:15
Last Modified: 18 Okt 2023 08:15
URI: http://eprints.utdi.ac.id/id/eprint/10081

Actions (login required)

View Item View Item